Pasang
Iklan
Disini


Tuesday, October 04, 2016

Rahasia di balik Kelezatan Tomat




            Tomat merupakan jenis sayuran yang digunakan untuk bumbu masak dan bisa dijadikan jus. Tomat ini berasal dari Amerika tropis, ditanam sebagai tanaman buah di pekarangan , di lading dengan ketinggian 1 sampai 1600 m dpl. Tanaman tomat ini membutuhkan sinar matahari terik, serta menghendaki tanah yang gembur dan subur. Tumbuhan tomat tumbuh tegak dan bersandar pada tanaman lain, bercabang banyak, berambut, dan berbau kuat . daun berbentuk bundar telur sampai memanjang dengan ujung yang runcing. Berbunga banyak dan berkumpil dalam rangkaian berupa tandan dengan mahkota berbentuk bintang dan berwarna kuning.
          Buah tomat yang sering digunakan adalah buahnya , bisa dimakan langsung, dibuat jus saus tomat ,dimasak, dibuat sambal goring, atau dibuat acar tomat. Sedangkan daunnya jarang sekali digunakan , padahal daun mudanya bisa disayur. Buah tomat mempunyai rasa manis, asam, sifatnya sedikit dingin. Buah ini dapat menghilangkan haus, antiseptik usus, pencahar ringan (laksatif), menambah nafsu makan dengan cara memperbanyak keluarnya air liur, merangsang keluarnya enzim lambung, dan dapat digunakan obat luar.
Bagaimana pemakaian buah tomat sebagai pengobatan? Buah tomat dapat digunakan untuk mengatasi gangguan pencernaan seperti perut kembung, tidak nafsu makan, radang gusi, gusi berdarah, sariawan, ulkus lambung, wasir, tekanan darah tinggi (hipertensi), kadar kolesterol , demam, sembelit, gout(asam urat tinggi), asama, radang usu buntu, dan memar.
Buah tomat dapat pula digunakan sebagai obat luar , salah satu caranya yaitu buah yang telah masak digiling sampai halus. Dapat juga menggunakan daun tomat yang segar. Hasil tumbukan tersebut dapat langsung ditempelkan ke tempat yang sakit, seperti kulit terbakar sinar matahari, jerawat, radang kulit, kurap, luka, dan borok kronis. Jus tomat juga bisa digunakan sebagai masker untuk mengencangkan dan melembutkan kulit wajah.
Penelitian  di Amerika, laki-laki yang mengonsumsi sedikitnya sepuluh porsi buah tomat yang dimasak dalam seminggu akan menurunkan risiko terkenan kanker prostat sampai 45b%. hal ini, dimungkinkan karena adanya likopeen, karoten pada tomat yang dipercaya dapat mencegah timbulnya tumor dan mengurangi resiko terkena penyakit jantung.