Pasang
Iklan
Disini


Tuesday, October 04, 2016

Cara mengatasi hemoroid



Hemoroid atau wasir merupakan pembengkakan dan peradangan pembuluh darah balik (vena) pada dinding rectum dan anus. Hemoroid seringkali ditandai dengan rasa gatal dan nyeri, dan dapat disertai perdarahan recktum atau adanya benjolan lunak sekitar anus, dapat juga disertai keluarnya lender dan anus. Factor yang menyebabkan timbulnya hemoroid antara lain konstipasi, hamil oleh karena obesitas,diare kronik, hubungan seksual yang dilakukan melalui anus. 

Wanita hamil yang mengalami hemoroid ini disebabkan akibat bertambahnya tekanan abdomen karena janin . jika saat BAB terasa nyeri  berarti anda mengalami fisura ani yaitu robekan pada anus yang terjadi akibat dilalui oleh feses yang keras. Jika nyeri tersebut semakin parah dan tetap dirasakan sesudah BAB penderita mungkin mengalami hemoroid strangulasi. 

Jika terdapat perdarahan dari rectum setelah defekasi dengan mengejan, penderita mengalami hemoroid eksterna yang ditandai dengan adanya inflamasi , pembesaran, dan penonjolan hemoroid keluar. Jika sampai mengalami perdarahan hebat lebih dari 2 hari penderita mengalami anemia karena kehilanagan darah yang banyak.jika tidak mengalami perdarahan hebat lebih dari hari , penderita mungkin mengalami hemoroid interna yang umumnya tidak disertai nyeri , walaupun demikian. Hemoroid dapat membengkak dan terjepit otot anus sehingga menimbulkan nyeri. Perdarahan yang menyertai hemoroid interna terjadi  pada saat buang air besar yang normal, sedangkan pada hemoroid eksterna perdarahan terjadi sesudah buang air besar diserati emngejan.
Cara mengatasinya :

  • Berendamlah tiga kali sehari selama 10-15 menit dalam air hangat . ini akan membantu mengatasi nyeri dan membersihkan area sekitar hemoroid.
  •   Makan- makanlah dengan kaya serat, misalnya buah-buahan, sayur untuk melunakan feses
  •  Minum secara teratur sehari sedikitnya 8 gelas air
  • Hindari minum alkohol. Minuman ini dapat menyebabkan dehidrasi dan konstipasi.
  •         Hindari menggosok daerah sekitar hemoroid, karena dapat mengakibatkan iritasi dan membuat hemoroid tambah parah
  •       Berolahraga secara rutin
  •      Hindari defekasi yang tidak tuntas. Namun jangan mencoba mengejan, kecuali bila sangat diperlukan