Pasang
Iklan
Disini


Tuesday, October 04, 2016

Khasiat rambutan untuk pengobatan



         Rambutan merupakan pohon yang dapat tumbuh tinggi dan sering sekali, ditanam sebagai pohon buah . rambutan ini tumbuh di daerah tropis dan iklim yang lembab. Pohon rambutan dapat mencapai tinggi 25 m dengan mempunyai banyak cabang. Daunnya berbentuk bulat lonjong dengan ujung dan pangkalnya runcing. Bunga terletak di ujung ranting dengan bau harum dan bentuknya kecil-kecil serat warnanya hijau muda. Bunga jantan dan bunga betina tumbuh terpisah dalam satu pohon. Buah bentuknya bulat lonjong dengan duri temple  yang bengkok , lemas sampai kaku. Kulit buah juga sering terlihat berambut sehingga dinamakan rambutan.jika kita lihat bijinya, berbentuk lonjong, terbungkus deging buah berwarna putih , transparan yang dapat dimakan dan banyak mengandung air, rasanya bervariasi dari masam sampai manis. Kulit biji tipis berkayu. Rambutan berbungan pada akhir musim kemarau dan membenuk buah pada musim hujan .


Bagaimana pemakaian buah rambutan ini untuk obat?
Bagian tanaman yang digunakan adalah kulit buah, kulit kayu, daun, biji, dan akarnya. Kulit buah digunakan untuk mengatasi disentri dan demam. Sedangkan kulit kayu digunakan untuk mengatasi penyakit sariawan. Bagian kulit buah rambutan dapat berkhasiat sebagai penurun panas dan bijinya berkhasiat menurunkan kadar gula darah (hipoglikemik). 
Daun digunakan untuk mengatasi diare, menghitamkan rambut. Bagian akar digunakan untuk mengatasi demam.
Untuk pengobatan bagian luar tubuh, giling daun sampai halus, lalu tambahkan sedikit air. Gunakan air perasannya untuk menghitamkan rambut yang beruban. Sedangkan untuk obat dalam, misalnya kencing manis maka gongsenglah biji rambutan (lima biji), lalu giling sampai menjadi serbuk. Seduh dengan satu cangkir air panas. Setelah dingin , minum airnya sekaligus .minum 1-2 kali sehari.